Tujuan

Tujuan dari LSM Gita Pertiwi yakni membantu proses pemberdayaan masyarakat agar mampu memperjuangkan haknya untuk hidup secara layak di lingkungan. Pemberdayaan disini dimaksudkan untuk memfasilitasi masyarakat agar mampu menganalisis secara kritis kondisi riil di sekitarnya. Paham akan proses penindasan dan eksploitasi oleh aktor-aktor yang bermain, serta paham akan pihak-pihak mana yang diuntungkan dan mana yang dirugikan.

 

Pada tingkat lokal, regional, dan nasional, Gita Pertiwi ingin secara proaktif menggalang kerjasama dengan pihak yang sama-sama peduli untuk memperjuangkan penegakkan keadilan dan pelestarian lingkungan hidup sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada, atau bila diperlukan mendorong advokasi atau penciptaan kebijakan-kebijakan yang sesuai.

 

Di tataran internasional, Gita Pertiwi ikut membentuk diskursus yang berkembang dalam gerakan lingkungan hidup dan sosial, khususnya dalam memberikan perspektif dan analisis dari Indonesia sebagai negara berkembang maupun sebagai suatu negara yang memiliki keunikannya sendiri. Kegiatan ini antara lain diupayakan dengan cara menjembatani lalu lintas perkembangan isu antara aras internasional dan lokal, ikut berpartisipasi dalam kampanye-kampanye tingkat internasional, serta mengidentifikasi masalah-masalah lokal kepada publik internasional.