Resmi! Pembangunan Septic Tank Jomblang Dimulai

Septic Tank

Hanya dalam hitungan bulan, keinginan warga Jomblang untuk menikmati septic tank komunal akan segera terwujud. Pagi itu di hari yang cerah, pembangunan septic tank komunal untuk 71 rumah di 3 RT di Jomblang telah dimulai. Pada akhir tahun 2014, sebanyak 318 penerima manfaat tidak lagi perlu untuk mengkhawatirkan buruknya kondisi sanitasi di dlingkungan mereka. Proyek pembangunan septic tank komunal yang telah dimulai sejak akhir tahun 2013 sebentar lagi akan selesai. Tentunya hal ini bukan saja kabar menggembirakan bagi warga Jomblang namun juga Gita Pertiwi dan IUWASH yang telah bekerja keras dan berpeluh keringat selama beberapa bulan.

Secara simbolis, hari Minggu 24 Agustus 2014, warga Jomblang bersama dengan perwakilan Gita Pertiwi, perwakilan BKM Kelurahan Jomblang, LPMK, tokoh masyarakat serta perwakilan dari IUWASH berkumpul bersama dan membuka awal pembangunan septic tank. Acara yang dimulai pada pukul 8 pagi ini telah menyedot perhatian warga sekitar yang terlihat senang. Di bawah sengatan matahari pagi yang hangat, acara dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh K.H. Amat Sawali dan dilanjutkan Tumpengan. Tradisi asli Indonesia ini merupakan cara yang sudah lama dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk mengucapkan syukur dan kebahagiaan. Kali ini, terucap syukur atas dibangunnya septic tank komunal yang akan memberikan manfaat bagi ratusan warga lokal.

Seperti layaknya banyak daerah lain di wilayah Indonesia, acara peresmian pembangunan septic tank komunal Jomblang juga dilakukan secara bergotong royong. Sementara para wanita sibuk di dapur dan menyiapkan makanan, para pria tidak ragu untuk mengayunkan cangkul dan berpeluh keringat membersihkan lahan yang digunakan untuk pembangunan septic tank komunal. Kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan septic tank komunal sebenarnya sudah ada. Hal ini terbukti dari kesediaan salah satu masyarakat lokal untuk memberikan tanahnya untuk dibangun septic tank yang akan segera bisa dinikmati pada akhir tahun 2014.

Dalam prosesnya, salah satu nilai pemberdayaan potensi lokal yang diangkat oleh proyek septic tank komunal ini adalah diberdayakannya masyarakat lokal dalam proses pembangunan septic tank tersebut. Tentu saja, hal ini memberikan nilai manfaat secara ekonomis bagi warga lokal mengingat adanya ketersediaan lapangan pekerjaan meskipun hanya bersifat sementara dengan bergabung sebagai bagian dari tim pekerja lapangan. Tidak hanya itu saja, sejak awal proyek ini dimulai, Gita Pertiwi dan IUWASH telah melibatkan kelompok swadaya masyarakat lokal yakni KSM Sehat Lestari dalam pelaksanaannya. Selain dapat memberikan manfaat ekonomis pada masyarakat lokal, hal ini juga mengasah keaktifan partisipasi masyarakat lokal sehingga ketika proyek sudah selesai, maka komitmen masyarakat untuk menjaga hasil jerih payah mereka tetap ada.

It went on to note, though, that a common challenge for many such efforts is that other education structures within examine this link the state may work against that flexibility
Share:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter