Pengiriman Perdana Beras Sehat “Orisa Hijau” oleh Komunitas Petani Alami Klaten (KOMPAK) ke Jawa barat

Pengiriman Perdana Beras Sehat “Orisa Hijau” oleh Komunitas Petani Alami Klaten (KOMPAK) ke Jawa barat

Pengiriman perdana beras sehat diselenggarakan secara simbolis di Laboratorium Lapang Petani Desa Polan, Kecamatan Polanharjo, Klaten pada hari Kamis, 25 April 2019. Beras sehat merupakan hasil pengembangan beras dengan mengurangi unsur kimia saat proses tanam tersebut mulai dipasarkan ke daerah Cianjur, Jawa Barat. Beras dengan berat sekitar 2 ton merupakan pengiriman perdana setelah selama ini beras 1,5 ton sudah dipasarkan di wilayah Soloraya setiap bulan.

Hamparan luas sebesar 94,15 ha dimiliki petani Kompak terdiri 8 kelompok yang tersebar di lima desa yakni Desa Saleman dan Sudimoro, Kecamatan Tulung, Desa Polan, Ponggok dan Karanglo, Kecamatan Polanharjo. Dengan luas 9,08 ha untuk beras sehat dan sisanya sebesar 85,07  ha untuk beras konvensional yang berpotensi untuk dibudidayakan untuk beras sehat.

Pengembangan beras sehat yang didampingi oleh Pabrik Aqua Klaten melalui program Corporate Social Responbility (CSR) dan menggandeng Gita Pertiwi tersebut termasuk dari bagian kegiatan penyelematan Subdas Pusur. Pendampingan tersebut berupa

penguatan kelembagaan, perluasan tanam serta pemasaran.

Share:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter