Green Economy

Pembangunan yang telah dijalankan hingga saat ini ternyata menyebabkan kerusakan lingkungan yang luar biasa bahkan mendorong perubahan iklim secara global. Pembangunan ekonomi Hijau telah diiniasi oleh masyarakat global untuk menyelaraskan kegiatan ekonomi dan lingkungan yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan keadilan sosial di satu sisi serta mampu menghilangkan dampak negatif pembangunan ekonomi terhadap lingkungan dan kelangkaan sumber daya alam.

 

Ekonomi Hijau erat dengan kegiatan perekonomian yang rendah karbon, tidak mengandalkan bahan bakar fosil, hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial. Jika ekonomi industri yang ada saat ini cenderung menguntungkan sebagian pihak dan merugikan pihak lain terutama dikarenakan rusaknya lingkungan, maka Ekonomi Hijau berjuang untuk mewujudkan hal sebaliknya. Ekonomi Hijau berjuang untuk memberikan manfaat bagi semua pihak termasuk lingkungan bumi. 

 

Kerusakan lingkungan sebagai dampak aktifitas ekonomi dihindari sehingga dapat mendukung kehidupan berkelanjutan. Sebagai salah satu lembaga yang fokus dan mendukung gerakan ini, Yayasan Gita Pertiwi telah aktif terlibat dan menginisasi beragam program dan kegiatan di berbagai wilayah di Indonesia dengan mengaplikasikan nilai-nilai utama dalam gerakan pembangunan ekonomi hijau.

David Carson

Sopia Schwimmer

Damian Barkley