Eksperimen Patogen, Pengendali Wereng Coklat

Kekhawatiran petani padi terhadap merebaknya ancaman wereng coklat memang beralasan. Hama ini sudah banyak menimbulkan dampak yang sangat berpengaruh pada hasil panen bahkan tidak jarang serangan wereng coklat menyebabkan gagal panen di beberapa wilayah. Maka tidak heran jika fokus pengendalian hama wereng menjadi salah satu prioritas dari aktifitas petani termasuk petani dampingan Gita Pertiwi yang berlokasi di Karang Lo. Di laboratorium petani inilah, petani di wilayah sekitar menyalurkan pengetahuan dan kemampuan mereka untuk mengembangkan pertanian termasuk berbagai inovasi dalam mengatasi berbagai permasalahan di lahan padi. Tentu saja, wereng coklat adalah satu yang utama.

 

Kali ini, petani di Karang Lo bereksperimen dalam pengendalian hama wereng coklat bukan dengan menggunakan pestisida namun dengan memanfaatkan musuh alami hama. Sebuah cara brilian sangat positif untuk membantu petani mengurangi ketergantungan pada penggunaan pestisida. Patogen termasuk dalam golongan organisme yang mana merupakan musuh alami dari hama. Petani memanfaatkan keberadaan organisme ini untuk mengendalikan dan mengurangi keberadaan hama wereng coklat. Cara alternatif yang tidak hanya berpotensi untuk diaplikasikan di lahan pertanian namun juga sangat minim dampak negatif terhadap kelestarian lingkungan.

So adolescence was a time to http://samedaypaper.org/ research paper writing service protect teenagers from a hard world and their own confusion
Share:
RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter