About Us

Yayasan Gita Pertiwi (GP) adalah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memfokuskan diri pada isu pelestarian lingkungan serta memperjuangkan keadilan dan kesetaraan (gender) . Berdiri pada tanggal 21 Desember 1991 di Surakarta, dengan Akte Notaris Nomor 64 Kantor Notaris Tjondro Santoso, SH. Disyahkan oleh Pengadilan Negeri Surakarta Nomor 05 Tahun 1991 dengan nama Yayasan Gita Pertiwi Ecological Studies Programme. Telah 3 kali memperbaharui akta yayasan sesuai UU Yayasan dan mendapatkan legalisasi dengan no. 0.3112.50.10.2014 sebagai Yayasan Gita Pertiwi yang berkedudukan di Kabupaten Karanganyar.
Sejak berdiri Yayasan Gita Pertiwi telah melakukan berbagai kegiatan yang berorientasi pemberdayaan dan pengembangan sikap kritis masyarakat (terutama perempuan) melalui isu lingkungan hidup dan keadilan sosial. Khususnya dalam rangka mengantisipasi masalah percepatan pembangunan yang menimbulkan berbagai dampak pada lingkungan dan ketidakadilan bagi masyarakat khususnya pada perempuan, anak serta kelompok marginal lainnya.
Pembangunan yang bertumpu pada pertumbuhan ekonomi dan industri seringkali mereduksi hak-hak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan. Eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan tanpa mempertimbangkan kelestarian lingkungan akan berdampak pada pencemaran, kerusakan keanekaharagamhayati juga pada pemanasan global. Ketika lingkungan tercemar dampak penyelesaiannya menjadi lebih komplek. Apalagi perubahan iklim yang disertai fenomena meningkatnya suhu udara, meningkatnya cuaca ekstrim serta naiknya permukaan air laut semakin memperparah kehidupan masyarakat yang tidak mendapatkan layanan publik yang baik. Oleh karena itu upaya penyelesaian permasalahan lingkungan dan pemanasan global menjadi tidak bisa dipisahkan dari dimensi sosial lainnya yaitu bangunan sosio-politik maupun ekonomi pembangunan.

Tujuan

Yayasan Gita Pertiwi aktif dalam mendorong proses pemberdayaan masyarakat agar mampu memperjuangkan haknya untuk hidup secara layak dan adil di lingkungan. Upaya pemberdayaan dilakukan dengan cara memfasilitasi masyarakat agar meningkat kapasitasnya, mampu menganalisis secara kritis serta membuat keputusan bagi kehidupannya. Yayasan Gita Pertiwi memberikan pendidikan kritis tentang kesetaraan dan keadilan terutama bagi perempuan, anak serta kelompok masyarakat yang kurang beruntung termasuk yang berkebutuhan khusus (disabilitas).
Pada tingkat lokal, nasional dan internasional, Yayasan Gita Pertiwi proaktif menggalang kerjasama dengan parapihak yang peduli dalam memperjuangkan penegakkan keadilan dan pelestarian lingkungan hidup sesuai dengan aturan perundang-undangan yang ada baik dengan strategi advokasi atau mendorong lahirnya kebijakan yang lebih baik. Yayasan Gita Pertiwi juga aktif dalam membentuk diskursus yang berkembang dalam gerakan lingkungan hidup dan sosial, khususnya dalam memberikan perspektif dan analisis dari konteks lokal agar menjadi isu global.

Visi dan Misi

Visi Yayasan Gita Pertiwi adalah terwujudnya tatanan sosial yang lebih adil dan kelestarian lingkungan, yang berlandaskan pada nilai-nilai keadilan, partisipasi demokrasi, kesetaraan, akuntabilitas,keterbukaan bagi seluruh masyarakat tanpa mempertimbangkan suku, ras, kelas, agama maupun jenis kelamin. Sedangkan misinya adalah mendorong upaya –upaya pengelolaan lingkungan hidup agar lestari dengan mengurangi eksploitasi sumber daya alam dan ketidakadilan pada kelompok marginal terutama perempuan, anak dan kelompok rentan lainnya. Kami juga berupaya mempromosikan pembangunan berkelanjutan sebagai aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global.
Dalam kerangka tersebut, Yayasan Gita Pertiwi memilih untuk memposisikan diri sebagai lembaga lingkungan yang humanistik yang menganut nilai-nilai keseteraan dan keadilan. Oleh karena itu, kami berusaha untuk memahami masalah-masalah lingkungan hidup secara holistik, yakni memahami bagaimana berbagai faktor dapat saling berinteraksi dan saling mempengaruhi baik secara sosial, politik, ekonomi, maupun budaya dalam menganalisis dan mengantisipasi masalah lingkungan. Selain itu untuk mewujudkan tatanan sosial yang lebih adil dan kelestarian lingkungan, maka Yayasan Gita Pertiwi memfokuskan diri pada upaya –upaya untuk mengurangi eksploitasi terhadap SDM dan SDA, khususnya pada kelompok marginal. Program yang dijalankan selalu berorientasi pada perbaikan lingkungan, baik di area pedesaan maupun perkotaan serta berkontribusi pada strategi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim global. Dalam menjalankan visi misinya kami berupaya selalu memegang teguh nilai-nilai keadilan, kesetaraan, kebersamaan, demokrasi, partisipasi, akuntabilitas dan keterbukaan.
Strategi

Dalam rangka mencapai tujuan organisasi, Yayasan Gita pertiwi menggunakan strategi pokok sebagai berikut :
1. Pembelajaran lewat pengorganisasian masyarakat bertujuan untuk penguatan di tingkat masyarakat sebagai basis bagi prakarsa pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingannya serta mendorong terlibatnya peran-perannya dalam pembangunan dan pengambilan keputusan publik.
2. Advokasi sebagai suatu tindakan dalam rangka mempengaruhi pengambilan keputusan atau perubahan policy publik, agar tidak merugikan kepentingan masyarakat terutama kelompok perempuan, anak dan masyarakat merginal lainnya. Terutama dalam kebijakan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup agar sesuai dengan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan.
3. Pengembangan Organisasi, yakni upaya menjamin keberlanjutan kelembagaan Yayasan Gita Pertiwi dalam menjalankan visi misinya dengan cara bekerjasama dengan parapihak (masyarakat, organisasi masyarakat sipil, donor, pemerintah serta private sector, media massa, universitas,dll) baik lewat penyebaran hasil belajar, memberikan jasa asistensi dan konsultansi, jasa riset dan evaluasi hingga mempromosikan produk masyarakat yang ramah lingkungan.
Struktur Organisasi
A. Badan Pembina Yayasan (Board) :
Prof. Dr. Muhtar Mas’oed : Ketua
Ahmad Mahmudi, SH : Sekertaris
Dra. Chandra Kirana : Bendahara
Ir. Juni Thamrin Msi : Pengawas
Linda Panisales : Pengawas
Widada Budjowiryono : Pengawas
B. Badan Pelaksana
1. Direktur Program : Titik Eka Sasanti
2. Direktur Badan Usaha : Rossana Dewi R
3. Manajer Administrasi Keuangan : Pertiwi
4. Tim Kerja : Sulistiyani, Erma Rosidah, Surati, Asti
Pramudiani, Drastiana Nisa, Khoirunisa, Yudha, Liik
5. Tim Konsultan

Wilayah dan Jaringan Kerja

Wilayah kerja Yayasan Gita Pertiwi adalah seluruh negara Indonesia. Pengalaman area di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur, seperti kota Surakarta dan Semarang, Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Pekalongan, Demak, Jepara, Karanganyar, Rembang, Pati , Grobogan, Ngawi, Wonosobo, Kulonprogo, Pacitan dan Ponorogo. Selain itu juga memfasilitasi di beberapa area di Kalimantan Timur (Kab. Paser dan Muara Wahau), NAD (Banda Aceh), NTT (Flores, Timor dan Sumba), NTB (Mataram, Dompu dan Bima), Sumatra Utara, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan , Papua dan Jambi.
Pada tataran nasional Yayasan Gita Pertiwi, terlibat aktif dalam jaringan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Konsorsium Pembaharuan Agraria (KPA), Internasional NGO Forum on Indonesia, Masyarakat Anti Nuklir Indonesia (MANI), Konsorsium Pembela Buruh Migran (KOPBUMI), BioForum, Solidaritas Perempuan (SP), Jaringan Ornop pendamping petani (Jarnop), Jaringan kerja Pertanian Organik (JakerPO), FPPM (Forum Pengembangan Partisipasi Masyarakat), FPPD (Forum Pengembangan dan Pembaharuan desa), Indonesia Toxic Free Network, Ashok, INFID dan berbagai jaringan lainnya di isu lingkungan.
Pada tataran Internasional, aktif terlibat dalam jaringan internasional Federation Organic Agriculture Management (IFOAM), IPEN, PANAP, SEARICE- Plant Genetic Resource Network, Asian NGO Coalition (ANGOG), INFOG-Internasioanl NGO meeting for Climate Change Againt Global Warming, serta No Nuke Asian Forum (NNAF), GAIA, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

required
required will not be published

YAYASAN GITA PERTIWI (GP)

Jl. Baturan Raya ( Jl. Griyan Lama ) No. 20 RT. 01 RW. 01, Colomadu, Surakarta 57171, Indonesia
Telp : 0271-710465
Fax : 0271-718956
Email dan website : gita@indo.net.id / www.gitapertiwi.org Kontak Person : Titik (+6281329989384) dan Rossana Dewi (+628122977169)

Lokasi

Copyright © 2014 Gitapertiwi. All rights reserved.